Ada pepatah populer "Jika Anda dapat mengukurnya, Anda dapat
memperbaikinya" . Pengukuran merupakan salah satu faktor penting saat
menentukan hasil. Setelah proses di tempat untuk melacak nilai moneter
dari konversi tingkat menawarkan Anda kesempatan untuk menentukan ROI
dari kampanye SEO Anda.
|
(Sumber: Shutterstock) |
Jadi apa adalah metrik yang kita butuhkan untuk melacak? Bingung! Hal
ini terutama tergantung pada bisnis klien. Setiap bisnis akan memiliki
beberapa indikator kinerja utama yang menentukan ROI. Dalam blog ini
saya akan menjelaskan beberapa indikator kinerja kunci dengan yang dapat
digunakan untuk mengukur keberhasilan SEO.
|
(Sumber: Shutterstock) |
Alat yang digunakan untuk analisis:
Perolehan
Baru-baru ini Google mengumumkan beberapa perubahan dalam pelaporan
mengumumkan peluncuran Akuisisi laporan
. Laporan ini menyediakan akuisisi-perilaku-konversi dalam jendela yang
sama, membuat analisis lebih mudah bila dibandingkan dengan masa lalu.
Laporan ini jelas menunjukkan bagaimana Anda mendapatkan pengunjung,
perilaku mereka di situs setelah akuisisi dan jalur konversi mereka.
Saluran ini jelas akan menunjukkan jumlah pengunjung dari mesin pencari,
yaitu Organik Search & persentase konversi melalui saluran
tersebut. Analisis laporan ini akan memberi kita gambaran tentang
saluran yang akan berhasil membawa pengunjung ke situs dan konversi nya.
Anda dapat mengganti data konversi yang disajikan dalam laporan, dengan
memilih tujuan individu atau bahkan data e-commerce Anda.
Google Analytics Laporan Akuisisi
Pada layar di atas kita dapat melihat bahwa 'Cari Organik' adalah
saluran dari mana situs tersebut menerima jumlah maksimal pengunjung.
Korelasi ini dengan Perilaku & Konversi akan memungkinkan pemasar
untuk menganalisis dan melacak tingkat keberhasilan.
Catatan: Sasaran bisnis yang berbeda untuk setiap kategori website dan karenanya tujuan berbeda juga.
Menggali lebih dalam laporan ini akan memberikan wawasan yang lebih dalam berbagai media / sumber.
Google Analytics Laporan Akuisisi
Perilaku
Menganalisis dan memahami perilaku pengguna merupakan faktor penting
dalam mengukur keberhasilan. Menganalisis aliran perilaku pengunjung
akan menentukan halaman yang sebagian besar pengguna mengunjungi dan ini
akan memungkinkan kita untuk meningkatkan interaksi pengguna / navigasi
di situs tersebut.
Google Analytics Pengunjung Arus
Cari Pertanyaan
Cari pertanyaan dari webmaster akan memberi Anda gambaran istilah
(permintaan pencarian) yang situs tersebut mendapatkan peringkat di
Google. Data kesan, kata kunci posisi & CTR adalah metrik yang
berharga untuk menganalisis status situs. Sayangnya mereka tidak memberi
kita data yang benar-benar akurat bila dibandingkan dengan analisis
Google dan juga, webmaster memberikan kita 90 hari data historis dan
Anda dapat melihat data perubahan untuk jangka waktu 30 hari.
Google Webmaster Tools Search Lalu Lintas Search Queries
Permintaan pencarian dapat diklasifikasikan sebagai per halaman yang
memang akan membantu kita memahami istilah pencarian yang halaman
mendapatkan klik dan peringkat.
Search Query dapat memberitahu Anda dua hal yang Google Analytics tidak
diperkirakan yaitu pangkat dan diperkirakan klik melalui harga. Search
Query dapat membantu, dan Anda dapat menghubungkan Webmaster Tools untuk
Google Analytics sehingga Anda dapat melakukan side-by-side
perbandingan.
Backlinks
Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO, dan kualitas link
akan membantu dalam mendapatkan posisi yang lebih tinggi di SERP &
rujukan kunjungan. Salah satu alat terbaik yang saya lebih suka
menggunakan adalah
Ahrefs . Beberapa faktor kunci yang berperforma sementara menganalisis backlink sebuah situs adalah sebagai berikut:
- Mengacu Domain Hitungan
- Backlink Hitungan
- Backlink Type
- Anchor Teks Distribusi
Mengacu count Domain menunjukkan jumlah domain yang unik terkait dengan
situs. Semakin tinggi jumlah, semakin populer situs Anda, tapi itu saja
tidak berarti jumlah yang lebih tinggi link akan membuat situs anda
lebih tinggi di SERP.
Ahrefs> Site Explorer> Ikhtisar
Kualitas domain tersebut mempengaruhi kualitas situs Anda. Ahrefs
membuatnya sangat mudah bagi pengguna untuk menganalisis metrik ini.
Ahrefs> Site Explorer> Mengacu Domain> Mengacu
Ahrefs memberikan peringkat untuk setiap situs dan itu membuat mudah
bagi kita untuk memilah domain mengacu sesuai peringkat. Setelah memilah
kita dapat menganalisa link yang tepat dengan mengklik 'Backlinks'
pilihan. Hal ini membuat mudah untuk menemukan tempat yang tepat dari
mana situs Anda terhubung.
Ahrefs> Site Explorer> Mengacu Domain> Mengacu> Tekan "Backlinks"
Anchor Teks Distribusi
Laporan ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi 'Mengacu Domain Count' dengan persentase distribusi.
Ahrefs> Site Explorer> Balik> Anchors
Dari dashboard yang sama Anda dapat menganalisis domain mengacu dan jalan yang tepat dari mana situs Anda terhubung.
Ahrefs> Site Explorer> Balik> Jangkar> Tekan "Domain"
Konversi
Analisis Google dapat menjadi yang terbaik perangkat gratis yang dapat
Anda gunakan untuk menganalisis konversi (sebagai gol) tapi aku lebih
suka menggunakan
AdLuge sehingga
saya dapat menganalisis konversi yang sebenarnya, saluran melalui mana
setiap memimpin dikonversi, jalan yang diikuti oleh masing-masing
memimpin selama konversi.
Berikut adalah saluran pemasaran yang sangat baik yang dapat membantu kita untuk menganalisis bagaimana konversi terjadi.
Dalam sudut pandang pemasaran kita perlu mengukur tingkat konversi
melalui masing-masing saluran, hanya kemudian Anda dapat memahami
saluran yang menawarkan lebih konversi dan yang perlu ditingkatkan
channel.
Membedakan konversi per Medium / Channels membuat lebih banyak ide
tentang upaya pemasaran di setiap channel & ROI dapat dengan mudah
dihitung.
Mengukur lead per Sumber akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai kinerja setiap kampanye.
Kampanye SEO dan tujuan bisnis adalah faktor penentu untuk menggunakan alat pelacakan memimpin tersebut.
Kesimpulan
Memilih metrik yang tepat untuk melacak dan menganalisis, dan menyiapkan
metode yang tepat dari analisa adalah langkah pertama dalam memulai
kampanye SEO yang sukses. Menganalisis KPI ini juga akan membantu Anda
untuk membuat keputusan yang terbaik untuk memastikan kesuksesan masa
depan. Bagaimana Anda mengukur tingkat keberhasilan SEO Anda? Saya akan
senang mendengar pada bagian komentar.